Cara Memilih Piyikan Pleci Jantan

Memilih Pleci lolohan Jantan dan Betina
Memelihara pleci dari piyikan merupakan keinginan dari semua plecimania kenapa demikian karena kita bisa melatih sejak dini untuk kita jadikan calon jawara nantinya, memilih membesarkan piyikan tentunya mempunyai resiko kematian kalau kita tidak bisa merawatnya terutama kalau kita terlambat meloloh ataupun malah kebanyakan memberi makan. Ada lagi yang sering membuat bingung saat memelihara dari lolohan yaitu pada saat memilih piyikan pleci jantan atau betina karena sangat sulit sekali membedakannya.

Kelebihan merawat pleci dari lolohan adalah kita bisa menentukan isian apa yang akan kita masukkan pada burung pleci tersebut, biasanya burung master pilihan para plecimania adalah suara burung kenari, kolibri, gelatik wingko, blackthroat dan jenis burung kecil lainnya yang biasanya dapat dibawakan secara ngalas ngerol isian jika suara masterannya dapat masuk sempurna (Baca : cara memaster pleci dengan baik). Selain dapat dimaster dengan baik pleci lolohan cenderung jinak sehingga sudah terbiasa dengan lalu lalang orang banyak. Baca cara menjinakkan pleci jika anda memiliki pleci yang kesit/ kurang jinak.

Menentukan anakan pleci jantan atau betina biasanya hanya orang yang sudah lama bermain pleci yang bisa (biasanya dibilang master pleci.. heheee), tetapi para penjual pun juga bisa memilih pleci jantan atau betina maka dari itu biasanya yang jantan disimpan dan pleci betinanya yang dijual dipasar (kebiasaan buruk penjual).

Agar anda tidak keliru untuk memilih piyikan pleci berikut sedikit perbedaan untuk memilih piyikan pleci jentan  :
  • Pilihlah piyikan yang mempunyai warna terang
  • Kepala cenderung datar dan panjang
  • Badannya cenderung besar
  • Bulu atas kepala sering berdiri / njambul
  • Mata terlihat melotot dan galak
  • Bukaan mulutnya lebar dan bunyinya kencang saat minta diloloh
  • Rongga mulut lebih merah
  • Lihat pangkal lidah, jika ada garis hitam dikiri dan kanan kemungkinan itu pleci jantan
  • Warna paruh bagian bawah cenderung lebih gelap, mirip cucak ijo trotolan
  • Jika sudah mauncul kaca matanya, kacamata lebih tebal
Itulah ciri-ciri piyikan pleci jantan, oiya saat memilih piyikan usahakan ada pembanding jadinya kita bisa memilih dengan akurat mana yang jantan dan betina. Setelah kita memilih lolohan pleci tentunya kita harus merawatnya dengan baik jangan sampai kita salah merawat yang ujungnya malah kematian pada pleci tersebut, maka dari itu simak artikel berikutnya mengenai Cara Merawat Pleci Lolohan.